Lokasi Restorasi

Bergabung
bersama kami

Sahabat Bakau mengajak kamu untuk mendukung program restorasi bakau, dengan bergabung dan berbagi cerita dalam Facebook Fans kami



 



Kondisi Hutan Mangrove (Bakau) yang Hilang
Photo mosaik diatas diambil pada tahun 1980 dan 1988, terlihat kondisi garis pantai sepanjang pesisir pantai Jakarta Utara bergerak ke arah Selatan (daratan), kondisi ini dikarnakan oleh abrasi dan erosi pantai serta gelombang pasang yang antara lain mengahabiskan kawasan Hutan Bakau Lindung Angke Kapuk (di sebelah Barat) dan Marunda (di sebelah Timur). Akibatnya 1,780 meter dengan lebar lebih dari 200 meter hutan bakau menghilang dari pesisir pantai. 
Kawasan Jakarta Utara yang Rentan Banjir
Pemanasan global yang melanda dunia memperburuk kondisi pesisir pantai di kawasan ini. Dengan berkurangnya benteng alami berupa ekosistem hutan bakau dan  jumlah sampah yang membanjiri pesisir pantai di kawasan ini, Jakarta utara rentan dan lebih sering mengalami banjir. Dari data Neraca Kualitas Lingkungan Hidup Daerah pada tahun 2001 saja volume sampah yang dihasilkan oleh warga Jakarta yang membanjiri pesisir pantai Angke Kapuk.
Program Penanaman Pohon Bakau
Bersama komunitas nelayan setempat, organisasi-organisasi pendukung serta dukungan dari seluruh masyarakat, Sahabat Bakau berinisiatif melakukan gerakan Restorasi Ekologis Hutan Bakau Angke Kapuk. Gerakan Restorasi dengan penanaman ribuan pohon bakau ini bertujuan untuk  mendapatkan kembali kawasan yang sudah hilang tersebut, Sahabat Bakau juga membangun tanggul batu kali selaku Sea Defense sepanjang 1,780 meter dengan jarak 100 meter dari bibir pantai untuk menjaga pohon bakau kecil untuk bisa bertahan hidup dari kerasnya gelombang air laut.

 



Poto dibawah (kawasan yang berwarna merah)adalah kawasan Hutan Lindung Angke Kapuk yang habis tergerus abrasi dan gelombang pasang. Sahabat Bakau membagi dalam 7 lokasi dengan total luas sebesar 14,341 ha dan total panjang 2,433,31 meter.

Magrove Jakarta yang Baru!
Kini setelah 3 tahun penanaman ribuan pohon bakau, Sahabat Bakau bisa menikmati hasilnya. Gerakan ini terus berlanjut dan membutuhkan dukungan dari semua kalangan masyarakat, pemerintah dan komunitas pencinta lingkungan. 

 

Untuk mengetahui lebih detail mengenai lokasi restorasi kami,
liat peta google maps dibawah ini >

Sahabat Bakau Fans Page

Tweets        @SahabatBakau