Life Among the Roots

Bergabung
bersama kami

Sahabat Bakau mengajak kamu untuk mendukung program restorasi bakau, dengan bergabung dan berbagi cerita dalam Facebook Fans kami



Pada bulan September ini, Sahabat Bakau menerbitkan buku "Life Among the Roots". Buku ini bercerita mengenai kondisi dan fungsi ekologis dari kawasan Jalur Hijau Mangrove (Green Belt Mangrove) di kawasan hutan bakau Angke Kapuk khususnya di habitat dan ekosistem burung mangrove.
Pada bab-bab depan buku ini menjadi sangat kaya dengan dibahasnya jalur migrasi dunia (Jalur Asia Timur-Australiasia), dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi tempat transit bagi jutaan burung-burung dari Siberia dan Rusia. Kemudian buku ini juga menjelaskan hubungan jalur Asia Timur-Australiasia dengan 3 kawasan hutan mangrove di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yaitu Pulau Rambut, Pulau Dua dan Kawasan Hutan Mangrove Angke Kapuk. Ketiga tempat ini menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan sebagai tempat habitat alami bagi burung-burung mangrove. Dimana Pulau Rambut dan Pulau Dua merupakan tempat berkembang biak (Nesting Area) sedang Kawasan Mangrove Angke Kapuk bertugas sebagai tempat mencari makan (feeding ground).
Terakhir, keberadaan Pulau reklamasi yang berada di area kawasan Restorasi Sahabat Bakau menjadi tempat feeding ground baru bagi burung-burung air. Ini terlihat dari kehadiran udang, ikan dan biota laut lainnya, yang menjadi indikasi bahwa kualitas lingkungan sekitar membaik.

Semoga buku ini menjadi salah satu sumber bagi Sobat sekalian.

Salam

Sahabat Bakau


Sahabat Bakau Fans Page

Tweets        @SahabatBakau