Bergabung
bersama kami

Sahabat Bakau mengajak kamu untuk mendukung program restorasi bakau, dengan bergabung dan berbagi cerita dalam Facebook Fans kami

Kegiatan Terbaru














2014-09-09
Life Among the Roots


Pada bulan September ini, Sahabat Bakau menerbitkan buku "Life Among the Roots". Buku ini bercerita mengenai kondisi dan fungsi ekologis dari kawasan Jalur Hijau Mangrove (Green Belt Mangrove) di kawasan hutan bakau Angke Kapuk khususnya di habitat dan ekosistem burung mangrove.
Pada bab-bab depan buku ini menjadi sangat kaya dengan dibahasnya jalur migrasi dunia (Jalur Asia Timur-Australiasia), dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi tempat transit bagi jutaan burung-burung dari Siberia dan Rusia. Kemudian buku ini juga menjelaskan hubungan jalur Asia Timur-Australiasia dengan 3 kawasan hutan mangrove di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yaitu Pulau Rambut, Pulau Dua dan Kawasan Hutan Mangrove Angke Kapuk. Ketiga tempat ini menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan sebagai tempat habitat alami bagi burung-burung mangrove. Dimana Pulau Rambut dan Pulau Dua merupakan tempat berkembang biak (Nesting Area) sedang Kawasan Mangrove Angke Kapuk bertugas sebagai tempat mencari makan (feeding ground).
Terakhir, keberadaan Pulau reklamasi yang berada di area kawasan Restorasi Sahabat Bakau menjadi tempat feeding ground baru bagi burung-burung air. Ini terlihat dari kehadiran udang, ikan dan biota laut lainnya, yang menjadi indikasi bahwa kualitas lingkungan sekitar membaik.

Semoga buku ini menjadi salah satu sumber bagi Sobat sekalian.

Salam

Sahabat Bakau


Read more
2014-09-08
Program Rehabilitas Mangrove


Sesuai dengan rencana awal, Sahabat Bakau melanjutkan program rehabilitasi hutan mangrove di area pesisir Angke Kapuk sebelah barat. Area yang akan ditanami 30 lebih jenis pohon bakau dari seluruh pelosok tanah air ini bekerjasama dengan IPB. Pada bulan September lalu, telah dilakukan pengerukan lahan dengan alat berat sebagai fondasi/jalan untuk pembuatan tanggul. Nantinya akan tertanam 300 meter panjang bibit bakau dengan luas sekitar 100 meter dari daratan. Area ini juga berbatasan dengan kawasan Hutan Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk.
 

Diharapkan, program lanjutan ini segera selesai pada tengah tahun depan. Untuk update berita dan kegiatan, silakan ikuti Facebook dan Twitter kami.


Salam
Sahabat Bakau


Read more
2014-05-20
Iniliah pemenang foto Selfie Sahabat Bakau


Selamat sekali lagi kepada semua sobat pemenang kontes foto Selfie. Berikut kami sertakan beberapa foto pemenang pilihan panitia. Terimakasih atas partisipasinya yah :D


Read more
2014-05-11
Pemenang kontes foto Selfie


 Selamat pagi sobat! Kontes foto Selfie alam Indonesia sudah berakhir 31 Maret 2014, juri telah menentukan 25 pemenang yang beruntung untuk mendapatkan masing-masing satu (1) tas kanvas unik dengan desain floral mangrove.

Untuk mendapatkan hadiahnya, sobat pemenang diharapkan untuk:

1. Mengirimkan foto/scan KTP (dengan alamat yang masih ditempati)
2. Kirimkan ke email Sahabat Bakau: sahabatbakau@gmail.com 
3. Dengan subjek: "Pemenang kontes foto Selfie_"alamat akun twitter pemenang"

Email kami tunggu sampai tanggal 19 April 2014 pukul 23:59 WIB, apabila kami belum menerima email dari sobat kami nyatakan gugur.

Kami ucapkan banyak terimakasih untuk sobat semuannya atas partisipasinya  

Berikut nama2 pemenang dengan akun twitter:
1. @almanblp_fay
2. @arummargia
3. @ayudyaloka
4. @deachie06
5. @delanuf
6. @dhitapermatawu
7. @dvipf
8. @firaorish 
9. @fauziefitriar
10. @graceroseliny 
11. @isaladnan 
12. @isyelik
13. @missadhee
14. @melynmels
15. @mariayobelb
16. @nahliiy
17. @niar_meivanie
18. @oktaviaopi
19. @r_nurjannah
20. @rimaaul
21. @radhina_a11
22. @rimapramanik
23. @scartitanc
24. @tikating
25. @yogimania

*Hadiah akan dikirimkan ke alamat yang tertera di KTP pemenang, selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal 19 Maret 2014


Read more
2014-03-01
Kontes foto Selfie Twitter


Kontes foto Selfie diadakan pada bulan Februari sampai Maret di akun twitter @Sahabatbakau .Kontes foto Selfie ini bertujuan untuk mengangkat semangat generasi muda untuk mencintai Alam Indonesia. Kontes ini terbuka untuk umum, dan berhadiah tas kanvas belacu dengan design yang unik.

Caranya mudah, berikut langkah-langkahnya:
1. Piilh foto Selfie yang paling unik dengan latar belakang alam Indonesia
2. Follow aku twitter @SahabatBakau
3. Kirimkan melalui: Twitter sambil mention @SahabatBakau dan memakau hastag #Sahabatbakau paling lambat 31 Maret 2014

Pemenang akan di umumkan di timeline twitter atau facebook Sahabat Bakau selambat-lambatnya 2 minggu setelah periode kontes berakhir


Read more
2013-08-01
Kata sambutan Pak Jokowi


Pada Agustus 2013 lalu, kabar yang membangakan datang dari Sahabat Bakau. Kali ini adalah berita mengenai kata sambutan dari Bapak Joko Widodo (Gubernur DKI Jakarta) untuk buku Ensiklopedia Flora  & Fauna Angke Kapuk Jakarta Utara. Beliau berpesan agar buku Enskilopedia ini bisa membuka cakrawala wawasan kepada masyarakat mengenai belbagai jenis tumbuhan dan satwa Hutan Bakau di area Angke Kapuk Jakarta Utara. Beliau juga menambahkan agar buku ini bisa membawa dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara alam serta peduli lingkungan hidup, agar semangat ini membuat kita lebih mencintai kota Jakarta.

Untuk sobat yang ingin mendownload edisi e-book-nya bisa di download disini:
- Ensiklopedia Flora - Free Download
- Ensiklopedia Fauna - Free Download


Terimakasih Bapak Gubernur Jokowi!


Read more
2013-03-18
Ensiklopedia Pertama di Indonesia


Dengan semangat dan kerja keras  akhirnya hasil penelitian selama 6 hari pada September lalu bisa diwujudkan dalam buku Ensiklopedia Flora dan Fauna ini. Walau dalam tahap desain tata letak, kami sudah tidak sabar lagi untuk memberitakan kepada sobat sekalian.

Buku Ensiklopedia ini adalah satu-satunya buku Ensiklopedia yang pernah dibuat yang berisikan temuan-temuan kekayaan flora dan fauna yang berada di tiga wilayah, yaitu; Hutan Kawasan Restorasi Sahabat Bakau, Hutan Lindung Angke Kapuk dan Margasatwa Angke Kapuk. Buku ini diharapkan menjadi satu-satunya panduan bagi teman-teman akedemis, dan pemerhati lingkungan maupun masyarakat pada umumnya. Kami merencakan untuk membuat sermoni kecil untuk meluncurkan Buku ini dalam waktu dekat.


Read more
2013-03-14
26 jenis Bakau Indonesia akan ada di PIK


Sahabat Bakau dan IPB Fakultas Kehutanan yang dipimpin oleh Profesor Cecep Kusmana (Guru Besar Ekologi Mangrovesedang mendesign lahan lokasi dan merencakanakan penanaman 26 jenis bakau yang ada di Indonesia. IPB sedang mengindentifikasi beberapa jenis bakau yang bisa hidup dilahan baru ini, adapun cita-cita ini sebuah langkah maju bagi Sahabat Bakau dan menjadi salah satu kebanggaan bagi kami untuk memprakarsai program ini.

Gambar dibawah  yang berwarna biru adalah lokasi yang telah berhasil kami restorasi, dan yang berwarna merah adalah lokasi baru yang akan dimulai pada bulan Mei ini. 

Untuk update program ini bisa Sobat ikuti di Facebook Fans Page atau twiiter kami


Read more
2012-12-14
Kapal Operasional Perdana Sahabat Bakau


Akhirnya terwujud juga kapal operasional utk tim Sahabat Bakau! Kapal ini sudah dinantikan oleh kami, untunglah segenap usaha kami bisa sesuai harapan. Usaha mewujudkan ini dibantu oleh dukungan warga Kampung Nelayan Angke Kapuk/Dadap, yang bersedia untuk menyewakan kapalnya kepada kami untuk kegiatan hari-hari.

"Daripada mencari ikan, kadang dapat banyak...kadang sedikit...penghasilan tidak tentu tiap hari... kalau sekarang saya dan keluarga bs tidur tenang karna tiap bulannya sudah pasti..." curhat Bpk Jabir Ibrahim, si pemilik kapal.

Selain Bpk Jabir, ada beberapa warga yang juga ikut membantu antara lain Bpk Mapiase dan Mas Kudus. Mereka adalah keluarga yang berprofesi sebagai ahli perbaikan/renovasi dan pembuatan kapal di kampung nelayan. Ahli-ahli seperti Bpk Piase ini sangat sedikit sekarang, Mas Kudus sebagai penerus keluarga juga mendukung penuh untuk mewujudkan kapal ini.

Kami juga tidak lupa ingin berterimakasih kepada Bpk Setiabudi Gunawan, beliau adalah artis/seniman lokal kampung Dadap. Bapak yang biasa di panggil Budi ini adalah salah satu seniman yang cukup ternama di kampung nelayan ini, karya-karyanya bisa diliat di goresan lukisan kapal-kapal para nelayan. Spesial untuk kapal Sahabat Bakau, Bpk Budi mencoba menerjemahkan gambar ekosistem hutan bakau Angke Kapuk kedalam badan kapal.

"Saya dari kecil sudah hidup dekat dengan hutan bakau, jadi saya tau persis apa yang mesti digambar...." kata Bpk Budi yang menyelesaikan lukisannya selama 3 hari ini. Karyanya bisa diliat di poto caption dibawah ini.


Read more
2012-10-20
Penelitian biota laut bersama IPB


Kawan-kawan gemar menikmati makanan Seafood di daerah Pantai Indah Kapuk, Muara Angke dan Angke Kapuk? Sebaiknya kawan-kawan ikuti perkembangan penelitian kami mengenai kelayakan konsumsi biota laut di pesisir Angke Kapuk.

Pada 19 November lalu, Sahabat bakau bertemu dengan IPB Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk membicarakan rencana penelitian secara komprehensif mengenai biota laut pesisi hutan bakau Angke Kapuk. Inisiatif ini dikemukakan oleh tim Sahabat Bakau dan IPB pada pertemuan di kampus IPB Dramaga, Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pendataan lengkap mengenai spesies laut, seperti ikan, udang, kepiting, dan hewan laut lainnya sekaligus memeriksa kadar standar mercuri pada hewan laut tersebut (mengukur kelayakan konsumsi bagi warga sekitar Angke Kapuk). Sebagaimana kita tahu teluk Jakarta utara sudah lama tercemar oleh sampah industri dan konsumsi, ini bisa diliat dari tumpukan sampah yang kian meninggi di pesisir hutan bakau Angke Kapuk.

Jadwal penelitian akan dilakukan pertengahan bulan Desember 2012, dan diharapkan bisa rampung pada awal tahun depan. Kami akan post update dan fakta-fakta menarik yang terjadi selama penelitian di Facebook kami (http://www.facebook.com/sahabat.bakau) dan di Twitter kami (@sahabatbakau). Jadi bila kawan-kawan gemar menyantap hidangan seafood pedas makasar atau saus  singapur... sebaiknya ikuti postingan kami :D. Semoga bisa memberikan informasi yang berharga.


Read more
2012-09-09
Penelitian dengan Institut Pertanian Bogor


Usaha restorasi Sahabat Bakau ternyata membawakan hasil, pohon bakau yang dulu hanya bibit sekaran sudah tumbuh mencapai 3-4 meter. Tahun ini Sahabat Bakau bersama IPB, yang dipimpin oleh Profesor Cecep Kusmana dan Pak Dadan Mulyana sebagai kepala penelitian mengadakan pendataan ekosistem flora dan fauna di hutan bakau Angke Kapuk yang semakin lebat. Semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi kepada semua komunitas dan pencita lingkungan lainnya. 


Read more
2012-05-02
Pembersihan sampah secara berkala


Sahabat Bakau mengajak semua kalangan untuk bersama membantu membersihkan sampah yang membanjiri pesisir pantai dan hutan bakau Angke Kapuk. Sampah-sampah ini adalah sampah konsumsi warga jakarta dan sekitarnya yang datang mengikuti aliran air laut, kebanyakan sampah ini adalah sampah non-organik seperti plastik dan streofoam. Bibit bakau dan pohon bakau yang masih belia akan sulit bertahan hidup di kondisi ini, pembersihan berkala sangat-sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan restorasi hutan bakau ini.


Read more
2010-02-18
Penanaman pohon bakau bersama London School


Sahabat Bakau dan LPSR melakukan kegiatan bersama memanam 500 pohon bakau di kawasan restorasi hutan bakau Angke Kapuk. Antusias mahasiswa London School menjadi penyemangat dan bentuk dukungan yang berharga bagi Sahabat Bakau untuk melanjuti kegiatan ini.


Read more
2010-01-05
Penanaman 1000 bibit bakau bersama US Embassy


Sahabat Bakau menyambut kepedulian US Embassy, NOAA dan London School untuk ikut berpartisipasi dalam penanaman 1000 bibit bakau di kawasan restorasi hutan bakau Angke Kapuk. Tiap-tiap bibit bakau diberikan nama sesuai dengan nama penanamnya sehingga mereka bisa memantau pertumbuhan bibit bakau tersebut dikemudian hari.


Read more
2009-06-19
Peresmian Sabuk Hijau Mangrove (SHM)


Sahabat Bakau bersama dengan para Menteri, Duta Besar, DAN Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo meresmikan Sabuk Hijau Mangrove (SHM) pada tanggal 19 Juli 2009. Acara ini diramaikan dengan permainan angklung para manula dari Yayasan Senior Club PIK serta nyanyian dari artis Ibukota Uli Sigar Rusady (saat itu menjadi Duta Sahabat Bakau). Peresmian di adakan di kawaan Restorasi Ekologis Pantai Indah Kapuk. 


Read more
2008-12-01
Gerakan Perempuan Tanam, Tebar dan Pelihara


Sahabat Bakau bersama dengan Departemen Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia memulai 'Geraka Perempuan Tanam, Tebar & Pelihara untuk Ketahanan Pangan dan Kesehatan Kelluarga'. Pencanangan gerakan ini diawali dengan kegiatan penanaman pohon bakau, penanaman pohon kelapa, dan penyebaran bibit ikan bandeng yang dilaksanakan di dua area yaitu di kawasan Resotasi Ekologis Sahabat Bakau serta kawasan Taman Wisata Angke.


Read more
2008-06-20
Gerakan satu murid satu pohon (SAMUPASO)


Kepedulian dan rasa cinta pada lingkungan hidup sejatinya harus ditanamkan sejak usia muda. Untuk itu pada tanggal 20 Juli 2008, Sahabat Bakau dan mantanGubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo merencanakan 'Gerakan Satu Murid Satu Pohon (SAMUPASO)' yang dimulai dengan penanaman pohon bakau bersama para siswa dari beberapa sekolah di DKI Jakarta. Lewat kegiatan ini diharapkan siswa sekolah dibuka pengetahuanya mengenai pentingnya hutan bakau dan terlebih menciptakan kecintaanya kepada hutan bakau Jakarta.


Read more
2008-05-30
Penanaman Bakau bersama MenHut & MenLH


Dalam rangka peringatan ulang tahun Metro TV, Menteri Kehutanan (M.S Kaban) dan Menteri Lingkungan Hidup (Gusti Muhammad Hatta) melakukan penanaman 1,000 pohon bakau bersama dengan Sahabat Bakau sebagai penyelengara gerakan restorasi kawasan hutan bakau Angke Kapuk. Melalui kegiatan ini diharapkan media masa dapat turut ikut serta dalam menyebarluaskan informasi mengenai program Sahabat Bakau dan upaya restorasi ekologis yang sedang dilakukan.


Read more
2007-12-01
Penanaman 1,000 Tegakan Pohon Bakau


Bersamaan dengan 'Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 10 juta pohon' yang merupakan rangkaian dari acara Konperensi PBB untuk Perubahan Iklim, pada tanggal 1 Desember 2007 lalu dilaksanakan penanaman dengan tema 'Tegakan 1,000 pohon bakau Rhizophora di kawasan hutan bakau Angke Kapuk. Inisiatif penanaman ini diprakarsai oleh Ibu Annie F. Numberi (Isteri dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari kontribusi Sahabat Bakau dalam program restorasi hutan bakau di kawasan revitalisasi Pantura.


Read more
Sahabat Bakau Fans Page

Tweets        @SahabatBakau